Tes Cairan dan Tissue Pada Mesothelioma

advertise here


Tes Cairan dan Tissue

Tes-tes ini, juga dikenal sebagai tes biopsi, melibatkan pengumpulan sampel kecil cairan atau jaringan dan memeriksa mereka untuk kehadiran sel-sel kanker. Tes semacam itu termasuk:


Aspirasi Jarum Halus: Kanker mesothelioma menyebabkan cairan menumpuk di lokasi yang terkena, seperti di membran pleura paru-paru. Selama aspirasi jarum halus, dokter Anda akan mengambil sampel cairan menggunakan jarum yang sangat panjang, tipis, dan berongga.
Thoracoscopy: Thoracoscopy digunakan dalam kasus di mana mesothelioma pleura atau perikardial dicurigai. Selama prosedur ini, sayatan yang sangat kecil dibuat di dinding dada, di mana sampel jaringan dihilangkan.


Bronkoskopi dan Laparoskopi: Prosedur ini serupa dengan torakoskopi, tetapi dilakukan pada bagian tubuh yang berbeda. Bronkoskopi digunakan untuk melihat trakea dan saluran napas, sedangkan laparoskopi digunakan untuk mengangkat sampel jaringan peritoneum.



Mediastinoscopy: Prosedur ini digunakan untuk melihat kelenjar getah bening di dada dan leher, untuk menentukan apakah kanker telah menyebar dari titik asalnya.

Setelah Diagnosis

Jika Anda memang didiagnosis dengan mesothelioma, dokter Anda akan merekomendasikan seorang ahli onkologi yang berpengalaman dalam mengobati penyakit tersebut. Spesialis kanker ini akan bertemu dengan Anda untuk menentukan pilihan Anda untuk perawatan.

Jenis Mesothelioma

Mesothelioma disebabkan oleh paparan jangka panjang berulang pada serat asbes. Penyakit ini umumnya ditemukan dalam empat bentuk berbeda - pleura, peritoneal, perikardial, dan testis. Dalam setiap kasus, kanker berkembang di sel mesothelial, yang membentuk lapisan membran yang mengelilingi dan melindungi organ. Nama-nama yang berbeda untuk setiap jenis mesothelioma mengacu pada titik asal kanker.

Membran mesothelial terdiri dari dua lapisan yang berbeda - lapisan parietal dan lapisan visceral. Lapisan parietal adalah lapisan luar, dan ini biasanya meliputi area besar seperti rongga dada (dalam kasus membran pleura dan perikardial) dan rongga perut (seperti dalam kasus membran peritoneum). Lapisan visceral adalah lapisan yang menutupi organ seperti paru-paru dan jantung. Mesothelioma berkembang dalam membran ini ketika serat asbes terperangkap di ruang antara sel mesothelial.

Mesothelioma adalah jenis kanker yang sangat agresif dan sangat resisten terhadap pengobatan, sehingga tingkat kematian sangat tinggi dan prognosis buruk untuk orang yang didiagnosis dengan penyakit ini. Secara umum, mesothelioma pleura merespon lebih positif terhadap pengobatan, terutama jika penyakit didiagnosis dini. Namun, semua bentuk mesothelioma sulit untuk didiagnosis, dan sayangnya, adalah umum untuk penyakit yang didiagnosis terlambat untuk pengobatan menjadi efektif.

Click to comment