Apa Penyebab Mesothelioma?

advertise here


Apa Penyebab Mesothelioma?

Sebuah bukti ilmiah dan medis yang luar biasa menunjukkan fakta bahwa mesothelioma ganas disebabkan oleh paparan asbes. Saat ini, tidak ada penyebab lain yang diketahui untuk penyakit ini.

Asbestos adalah zat berserat alami yang sangat banyak digunakan dalam industri konstruksi dan pembuatan kapal selama tiga perempat pertama abad ke-20. Asbes dipuji karena daya tahannya, ketahanan api, dan sifat insulasi yang sangat baik, dan digunakan dalam beberapa ribu produk manufaktur yang berbeda, termasuk bahan konstruksi, peralatan rumah tangga, dan pelapis rem.

Bagaimana Asbes Menyebabkan Mesothelioma?

Organ internal dan rongga tubuh ditutupi oleh membran jaringan tipis yang disebut mesothelium. Lapisan ini menutupi paru-paru (di mana disebut pleura), jantung (di mana ia dikenal sebagai perikardium), dan rongga tubuh seperti rongga perut (di mana ia disebut peritoneum). Mesothelium memberikan dukungan dan perlindungan untuk organ dan rongga tubuh, serta berfungsi sebagai sumber pelumasan yang membantu mendukung fungsi organ dan kesehatan.

Mesothelioma berkembang di lapisan organ dan rongga tubuh, biasanya di pleura, perikardium, atau peritoneum. Dalam kasus yang sangat jarang, mesothelioma dapat berkembang di lapisan testis, yang dikenal sebagai tunica vaginalis.

Metode yang tepat dimana asbes menyebabkan mesothelioma masih diteliti, tetapi para profesional medis menawarkan empat teori yang berbeda:

• Asbes menyebabkan iritasi dan peradangan sel mesothelial, akhirnya menyebabkan jaringan parut yang tidak dapat diperbaiki, kerusakan sel, dan akhirnya kanker.

• Serat asbes memasuki sel dan mengganggu fungsi struktur seluler yang penting untuk pembelahan sel normal, menyebabkan perubahan sel yang mengarah ke kanker.

• Asbes menyebabkan produksi oksigen “radikal bebas.” Molekul-molekul ini merusak DNA seluler dan menyebabkan sel bermutasi dan menjadi kanker.

• Kehadiran asbestos menyebabkan sel menghasilkan onkoprotein. Molekul-molekul ini menyebabkan sel-sel mesothelial untuk mengabaikan pembatasan pembelahan sel normal, yang menyebabkan kanker.

Unsur yang mengikat masing-masing teori bersama menyatakan bahwa asbes menginduksi kerusakan sel, yang menyebabkan sel kehilangan kontrol atas siklus mereka sendiri dari pembagian normal dan mulai membelah tak terkendali. Sel-sel sehat mengikuti siklus pembelahan sel yang memastikan jaringan dan organ tidak tumbuh melebihi ukuran normal; dalam sel kanker, pengekangan ini hilang.

Dalam kasus mesothelioma, hasilnya adalah bahwa membran di lokasi yang terpengaruh mulai menebal, dan cairan menumpuk di ruang antara lapisan membran. Ketika sel kanker terus membelah dan menumpuk di atas satu sama lain, tumor mulai terbentuk. Hasil akhir dari pembagian sel kanker yang tidak terkontrol adalah bahwa fungsi organ dan sistem tubuh terganggu, karena faktor-faktor seperti tekanan internal yang disebabkan oleh pertumbuhan tumor, dan berkurangnya ketersediaan nutrisi penting untuk organ.

Adakah Penyebab Lain Mesothelioma?

Jawaban atas pertanyaan ini adalah "tidak." Dokter dan ilmuwan penelitian belum mampu menentukan penyebab lain mesothelioma selain paparan asbes. Mereka tahu, bagaimanapun, bahwa merokok dapat memperburuk penyakit terkait asbestos yang kurang serius, seperti asbestosis, dan mendorong pembentukan tumor dan timbulnya mesothelioma. Mereka yang telah terpapar asbes secara teratur disarankan untuk tidak merokok

Click to comment