Apa Itu Mesothelioma?

advertise here
Apa Itu Mesothelioma?

Mesothelioma adalah jenis kanker langka yang berkembang di sel mesothelial yang ditemukan di tubuh seseorang. Sel-sel ini membentuk lapisan membran yang mengelilingi dan melindungi organ tubuh dan rongga tubuh garis seperti dada dan perut.

Sekitar 2.000 hingga 3.000 kasus mesothelioma didiagnosis setiap tahun di Amerika Serikat, yang mencakup sekitar 3% dari semua diagnosa kanker. Semua bentuk mesothelioma, kecuali mesothelioma jinak, selalu berakibat fatal. Mesothelioma adalah bentuk kanker yang sangat agresif yang sulit didiagnosis dan sangat resisten terhadap pengobatan; pemulihan penuh sangat jarang terjadi.

Penyebab Mesothelioma

Mesothelioma disebabkan oleh paparan asbes. Asbestos adalah zat fibrosa alami yang banyak digunakan pada abad ke-20 di sejumlah industri yang berbeda. Populer karena daya tahannya, tahan api, dan sifat insulasi, secara teratur digunakan dalam pembuatan beberapa ribu produk yang berbeda, hingga waktu peringatan asbes dikeluarkan pada pertengahan 1970-an.

Cara yang tepat di mana asbes menyebabkan mesothelioma tidak dipahami dengan baik, meskipun dokter dan peneliti telah mengajukan banyak hipotesis. Apa yang jelas, bagaimanapun, adalah bahwa setiap panjang paparan asbes dapat berbahaya dan dapat mengakibatkan perkembangan penyakit terkait asbes di kemudian hari.

Jenis Mesothelioma

Ada lima jenis mesothelioma yang diketahui. Empat di antaranya adalah kanker ganas, dan satu adalah kondisi jinak.

Pleural Mesothelioma: Mesothelioma jenis ini berkembang di dinding paru-paru, yang dikenal sebagai pleura. Ini adalah bentuk paling umum dari mesothelioma ganas, dengan sekitar 70% kasus berasal dari pleura.


Peritoneal Mesothelioma: Bentuk mesothelioma ini berkembang di lapisan rongga perut, yang dikenal sebagai membran peritoneum. Sekitar 25% dari mesothelioma adalah dari jenis ini.

Click to comment