Waspada 6 Ciri-Ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat

advertise here


Waspada 6 Ciri-Ciri Kanker Payudara Sebelum Terlambat -  Kanker payudara menjadi salah satu kanker yang paling menakutkan setelah kanker serviks. Jenis kanker yang satu ini tumbuh dan menyerang jaringan payudara yang biasanya terjadi pada saluran keluar air susu dan lobules yang merupakan penghasil air susu.

Gaya hidup kurang sehat, faktor lingkungan dan hormonal memang menjadi penyebab dari kanker yang satu ini. Meski begitu, tidak semua orang dengan gaya hidup yang hampir sama juga mempunyai resiko  terkena kanker payudara.

Kanker payudara bukanlah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Untuk itu dibutuhkan deteksi dini agar memperoleh ciri-ciri kanker payudara yang dialami oleh penderita.
Stelah itu, barulah Anda bisa membuat keputusan mengenai penanganan yang tepat yang harus dilakukan.

- Sebuah benjolan di payudara
Ciri-ciri kanker payudara yang mudah dilihat yaitu adanya sebuah benjolan pada payudara. Benjolan tersebut umumnya tidak terasa sakit, meskipun ada beberapa penderita yang juga merasakan sakit. Namun, tidak semua benjolan merupakan kanker payudara.
Selain benjolan, terdapat beberapa kelainan lain pada payudara seperti kista yang mungkin terjadi. Jika Anda melihat terbentuknya benjolan atau payudara terasa sakit tanpa sebab Anda bisa segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Apabila benjolan tersebut bersifat kanker maka akan lebih untuk melakukan penanganan medis.

- Pembengkakan pada area sekitar payudara atau ketiak
Hal ini terjadi dikarenakan adanya peradangan akibat kanker pada payudara yang menAndakan kanker tersebut bersifat agresif. Benjolan atau bengkak yang terjadi di sekitar tulang selangka yang menghubungkan antara tulang belikat dan tulang dada atau area ketiak bisa disebabkan karena kanker yang sudah menyebar sampai kelenjar getah bening di area tersebut.
Bahkan, pembengkakan dapat terjadi sebelum ditemukannya benjolan di payudara. Sehingga, apabila Anda mendapati payudara Anda terlihat bengkak maka hal tersebut bisa menjadi ciri-ciri kanker payudara yang harus segera mendapat penanganan dokter.

- Perubahan bentuk putting payudara
Terkadang, ciri-ciri kanker payudara juga menyebabkan perubahan pada bentuk putting Anda. Apabila Anda mendapati putting Anda tertarik kedalam, kulitnya menebal atau putting berubah warna menjadi kemerahan dan bersisik, maka segeralah Anda melakukan pemeriksaan pada dokter. Perubahan yang terjadi tersebut bisa menjadi pertAnda adanya kanker payudara.

- Penebalan dan kemerahan pada kulit payudara
Apabila kulit payudara terlihat seperti kulit jeruk atau menjadi kemerahan, Anda patut waspada karena hal ini juga menjadi salah satu ciri-ciri kanker payudara. Seringkali, tAnda ini disebabkan oleh mastitis atau infeksi yang umum dialami oleh para ibu menyusui. Apabila Anda memeriksakan diri ke dokter maka akan memberikan resep obat antibiotic untuk mengobati infeksinya.
Apabila gejala tersebut tidak membaik dalam  waktu satu minggu, sebaiknya Anda periksakan kembali pada dokter karena nantinya dapat menyebabkan peradangan sehinga payudara akan terlihat kemerahan dan penebalan kulit.

- Payudara terasa panas dan gatal
Seperti halnya payudara mengalami penebalan dan kemerahan, hal lain yang menyertai adanya kanker payudara yaitu payudara terasa panas dan gatal. Segeralah memeriksakan kepada dokter apabila mendapati hal tersebut.

- Keluar cairan aneh dari dalam putting
Memang akan membuat khawatir apabila terdapat cairan selain asi yang keluar daru putting. Akan tetapi, jangan panic terlebih dahulu karena mungkin saja hal tersebut terjadi disebabkan oleh infeksi, cidera atau tumor jinak. Meskipun begitu, Anda tetap arus waspada dengan gejala yang satu ini.
Mendeteksi sedini mungkin adanya ciri-ciri kanker payudara pada tubuh Anda memang sangatlah penting untuk keberhasilan pengobatan. Untuk itu, mulai dari sekarang berupaya mengenali kondisi normal payudara dan mengetahui perubahan yang terjadi sangat harus ditanamkan pada setiap wanita itu sendiri.

Click to comment