Sebelum Konsumsi Obat, Gunakan 7 Obat Radang Tenggorokan Alami Untuk Meredakannya

advertise here


Sebelum Konsumsi Obat, Gunakan 7 Obat Radang Tenggorokan Alami Untuk Meredakannya -  Saat musim pancaroba, gejala radang tenggorokan tentu banyak dialami oleh banyak orang. Cuaca yang tidak menentu ditambah dengan banyaknya debu yang bertebaran membuat daya tahan tubuh dapat dengan mudah menurun.

Meski gejala penyakit ini bisa hilang dengan sendirinya, namun jika dibiarkan akan membuat tidak nyaman terutama saat digunakan untuk menelan makanan. Secara medis, radang tenggorokan merupakan kondisi ketika tenggorokan mengalami infeksi bakteri. Akibatnya, tenggorokan mengalami peradangan, iritasi hingga suara akan berubah menjadi serak.
Apabila Anda mendapati hal tersebut, ada baiknya Anda gunakan obat radang tenggorokan alami  terlebih dalu sebelum mengkonsumsi obat-obatan medis.

Bahan alami berikut ini terbukti aman dan ampuh dalam meredakan gejala tersebut.
1. Kunyit
Tak hanya dijadikan sebagai bumbu untuk memasak, kunyit ternyata bisa dimanfaatkan untuk obat radang tenggorokan alami yang mudah didapatkan. Bahan yang harus Anda persiapkan antara lain 2 ruas jari kunyit dan 1 sendok teh garam.
Kupas kunyit hingga bersih dan haluskan. Rebus kunyit tersebut bersama dengan 300 ml air dan tambahkan garam. Setelah mendidih, diamkan ramuan tersebut hingga hangat, lalu gunakan ramuan tersebut untuk kumur secara teratur 3 hingga 4 kali dalam sehari.

2. Lemon
Buah yang satu ini memang sudah terkenal akan kandungan vitamin C nya yang tinggi, sehingga bisa dijadikan obat radang tenggorokan alami. Kandungan vitamin C tersebut mampu membasmi bakteri di tenggorokan secara efektif.

Siapkan air perasan lemon sebanyak 1 sendok makan dan 1 sendok makan madu. Campurkan kedua bahan tersebut pada secangkir air hangat. Minumlah ramuan tersebut secara teratur minimal 2 kali dalam sehari maka tenggorokan akan berangsur-angsur membaik.

3. Air garam
Obat radang tenggorokan alami selanjutnya Anda bisa menggunakan garam yang bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara berkumur dengan air garam atau meminumnya.
Mengapa perlu meminum air garam saat radang tenggorokan? Karena garam mengandung senyawa yang bisa menghilangkan panas di tenggorokan. Garam juga bersifat antiseptik yang mampu  membersihkan lendir yang berada di tenggorokan.

4. The jahe
Sejak zaman dulu, jahe dijadikan untuk penghangat tubuh alami. Tak hanya itu saja, bahkan bahan herbal yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk membantu meredakan radang tenggorokan Anda.
Hal ini dikarenakan adanya kandungan zingiberin yang sangat membantu dalam meluruhkan racun dalam tubuh serta dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Sedangkan untuk obat radang tenggorokan alami karena jahe mempunyai khasiat anti inflamasi  yang sangat efektif membasmi bakteri jahat yang menempel di tenggorokan. Cara membuat ramuannya pun mudah, Anda tidak mengiris beberapa ruas jahe kemudian tambahkan pada secangkir teh hangat.

5. Bawang putih
Selain dijadikan bumbu dapur, siapa sangka ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan. Hal ini dikarenakan pada bawang putih terdapat kandungan senyawa yang bernama allicin. Allicin sendiri merupakan zat yang berfungsi sebagai pembunuh bakteri.
Membuatnya pun mudah, Anda tinggal mengunyah bawang putih mentah-mentah dan kumur dengan menggunakan air hangat. Setelah berkumur, Anda bisa meminum 2 sendok madu untuk menghilangkan aroma dari bawang putih.

6. Daun kemangi
Untuk mendapatkan daun yang satu ini pun mudah karena banyak terdapat di pasar tradisonal maupun swalayan. obat radang tenggorokan alami dengan kemangi yaitu rebus daun kemangi hingga mendidih. Setelah itu, gunakan air rebusan daun kemangi tersebut untuk berkumur.
Silahkan pilih obat radang tenggorokan alami mana yang sesuai dengan keadaan Anda. Selain bahannya yang mudah didapatkan, bahan-bahan tersebut juga tersedia dengan harga yang terjangkau.


Click to comment