Ketahui Kesalahan Gaya Hidup yang Dapat Memperburuk Kulit

advertise here


Ketahui Kesalahan Gaya Hidup yang Dapat Memperburuk Kulit - Kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang keberadaannya sangatlah sensitive. Bagaimana tidak, kulit menjadi bagian tubuh  yang berinteraksi langsung dengan keadaan sekitar. Sehingga, perawatan kulit sangat penting dilakukan, tak hanya untuk menunjang penampilan saja bahkan dengan mempunyai kulit yang terawat akan menjadikan kulit terlihat sehat.

Namun taukah Anda, dalam merawat kulit ternyata kerap mengalami beberapa kendala. Beberapa penyebab kulit mengalami masalah antara lain kurangnya nutrisi, stress lingkungan hingga makanan yang dapat menyebabkan alergi pada kulit.

Beberapa kesalahan gaya hidup dibawah ini ternyata dapat menjadikan kulit Anda semakin buruk.
1. Kurangnya air minum
Kesalahan gaya hidup yang dapat memperburuk kulit yang pertama yaitu kurangnya mengkonsumsi air minum. Saat sel dalam tubuh mengalami dehidrasi , maka sel akan kehilangan strukturnya.
Untuk itu, pastikan Anda meminum paling sedikit 8 gelas setiap harinya. Kurangi juga mengkonsumsi minuman kafein seperti kopi hitam dan teh karena dapat menyebabkan kebutuhan air menjadi meningkat.

2. Kelebihan gula darah
Perlu diketahui bahwa gula dapat mempercepat proses penuaan, membuat kulit kusam dan menyebabkan kulit menjadi keriput.

Gula juga dapat merusak kolagen dan elastin yang merupakan serat penting untuk mempertahankan kulit supaya tetap kencang.

Untuk itu, kesalahan gaya hidup yang dapat memperburuk kulit ini harus Anda hindari dengan cara mengurangi makanan dengan kadar gula tinggi seperti pasta, kue dan roti putih karena dapat meningkatkan jerawat.

Oleh karenanya, Anda bisa mengkonsumsi gandum utuh atau makanan yang tidak mengandung gluten seperti beras merah atau quinoa.

3. Kelebihan alcohol
Mengkonsumsi alcohol terlalu banyak ternyata dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit yang nantinya juga dapat membuat kinerja hati semakin berat. Dengan adanya hal tersebut, maka racun tidak dapat dikeluarkan dari tubuh dengan mudah. Akibatnya, kulitpun mengalami kekusaman karena tidak dapat meresap nutrisi secara sempurna.

4. Kurangnya lemak esensial di dalam makanan
Beberapa makanan seperti ikan salmon, kacang mentah dan biji-bijian mengandung lemak esensial yang bagus untuk menunjang kulit terlihat sehat. Apabila kulit kurang mendapatkan lemak esensial maka akan menjadikan kulit terlihat kering. Sehingga, kesalahan gaya hidup yang dapat memperburuk kulit yang satu ini harus Anda hindari.
5. Merokok
Kebiasaan gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok ternyata dapat memicu meningkatnya kebutuhan tubuh akan kolagen dan vitamin C. Padahal, kandungan kolagen dan vitamin C ini bertujuan untuk memulihkan kulit dan menjadikan kulit terlihat segar.
Dengan Anda melakukan kebiasaan buruk ini, maka lama-kelamaan akan menyebabkan radikal bebas pada tubuh. Bahkan tidak hanya berpengaruh pada kulit saja, ternyata merokok juga dapat memicu munculnya penyakit kardiovaskuler.

6. Kurangnya tidur yang berkualitas
Banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap harinya, menjadikan tubuh  memerlukan istirahat yang cukup setelah melakukan kegiatan sehari-hari.
Dengan tubuh mendapatkan istirahat yang cukup maka dapat menjadikan fungsi organ menjadi lebih baik. Hal inipun nantinya akan berpengaruh pada kulit Anda sehingga kebutuhan nutrisi untuk jaringan kulit menjadi tercukupi.

7. Stress yang berlebihan
Kesalahan gaya hidup yang dapat memperburuk kulit yang satu ini mungkin tidak disadari oleh kebanyakan orang. Ketika seseorang mengalami stress berlebihan, maka garis kerutan akan terlihat lebih jelas pada dahi apabila Anda sedang mempunyai banyak pikiran yang membuat pikiran tidakrileks.

Jika sudah demikian, maka Anda harus membuang jauh-jauh pikiran negative yang dapat menghambat laju peredaran darah Anda karena hal tersebut juga dapat berdampak pada kulit Anda.

Click to comment