Ketahui 5 Penyebab Terlambat Menstruasi Namun Bukan Hamil dan Cara Mengatasinya

advertise here


Ketahui 5 Penyebab Terlambat Menstruasi Namun Bukan Hamil dan Cara Mengatasinya -
Terlambat datang bulan menjadi permasalahan pada bagian reproduksi wanita yang cukup penting untuk diperhatikan. Walaupun secara umum penyebab terlambat datang bulan antara wanita satu dengan lainnya tidaklah sama karena beberapa faktor kemungkinan.

Meskipun begitu, wanita yang terlambat menstruasi terlalu cepat mengambil kesimpulan dengan menganggapnya sebagai tanda kehamilan. Hal ini dikarenakan ketika seseorang terlambat menstruasi sangat identik dengan gejala wanita yang sedang hamil.

Memang terlambat menstruasi menjadi salah satu tanda kehamilan, meskipun begitu tanda kehamilan lain juga akan muncul bersama dengan gejala lain seperti kepala pusing, mual, muntah dan mudah lelah. Sehingga apabila Anda mengalami terlambat datang bulan, maka hal tersebut bukanlah suatu tanda kehamilan dan bisa disebabkan oleh hal lain.

Lalu apa saja penyebab terlambat menstruasi yang perlu diketahui terlebih dahulu pada wanita? Simak ulasannya berikut ini.

1. Masalah psikis
Penyebab terlambat menstruasi yang pertama kemungkinan  besar adalah faktor psikis. Banyak hal yang bisa terjadi mulai dari terjadinya stress, kelelahan, urusan rumah tangga hingga tekanan lingkungan kerja.
Stress tersebut akan menyebabkan ketidakseimbangan hormone yang dihasilkan tubuh sehingga membuat terlambatnya proses ovulasi dan pelepasan sel telur oleh ovarium.

2. Faktor usia
Faktor usia juga bisa dijadikan salah satu penyebab terlambat menstruasi. Di usia remaja, tubuh akan mengalami banyak perubahan hormone, akibatnya tubuh yang sedang menyesuaikan dengan hormone kewanitaan biasanya akan mengalami terlambat menstruasi.
Begitu dengan wanita yang sudah berusia 45-55 tahun atau awal menopause, maka tubuh akan mengalami masa transisi yang akan membuat datang bulan menjadi kurang teratur. Setelah wanita benar-benar mengalami menopause, wanita sama sekali tidak akan mengalami menstruasi karena ovarium sudah tidak memproduksi sel telur.

3. Faktor PCO
Faktor polycystic ovary atau PC adalah ketika wanita tersebut menghasilkan lebih banyak hormone pria Androgen-Testosteron dari pada hormone wanita yakni estrogen dan progesterone. penyebab terlambat menstruasi ini tentu akan membuat ovarium tidak mampu memproduksi sel telur yang sempurna.
Bahkan, adanya faktor PCO ini bisa menyebabkan tidak menstruasi dalam waktu lama, bahkan berbulan-bulan. Jika terjadi hal demikian maka akan membuat wanita tersebut sulit mengalami kehamilan.

4. Faktor berat badan
Berat badan yang kurang ideal juga menjadi penyebab terlambat menstruasi yang paling sering dialami oleh sebagian wanita. Berat badan yang kurang ideal akan membuat fungsi organ tubuh bekerja tidak maksimal, termasuk pada organ kewanitaan. Sedangkan untuk berat badan kurang dari ideal, maka tidak akan terjadi ovulasi sama sekali.

5. Faktor kelainan
Faktor kelainan dibedakan menjadi 2 macam yaitu anatomi atau non anatomi. Untuk faktor kelainan anatomi misalnya penyakit kista ovarium, myoma uteri atau kanker yang dapat membuat siklus menstruasi menjadi terlambat.
Sedangkan faktor non anatomi bisa berupa gangguan hormonal seperti penggunaan alat konstrasepti yang dapay menyebabkan pembekuan darah.

Cara mengatasi terlambat menstruasi :
Apabila penyebab terlambat menstruasi Anda terjadi secara alami, maka cobalah untuk mengembalikan kondisi mental dan fisik Anda dengan baik. Beberapa cara seperti istirahat cukup, mendengarkan music dan melakukan hobi yang membuat bahagia bisa dijadikan pilihan.

Cara selanjutnya Anda bisa mengkonsumsi air jeruk nipis di pagi hari untuk membantu melancarkan siklus haid Anda karena kandungan pada jeruk nipis yang baik kesuburan.
Dengan mencari solusi mengenai penyebab terlambat menstruasi dan mencoba berbagai cara untuk mengatasinya namun menstruasi yang Anda alami belum juga normal, disarankan untuk memeriksakannya pada dokter terdekat.

Click to comment