Ketahui 5 Jenis Sakit Kepala dan Cara Praktis Mengobatinya

advertise here


Ketahui 5 Jenis Sakit Kepala dan Cara Praktis Mengobatinyav - Sakit kepala menjadi salah satu gangguan kesehatan yang setiap orang pernah mengalaminya. Biasanya rasa sakit yang ditimbulkan tersebut mulai dari sakit kepala ringan sampai dengan sakit kepala berat  yang bisa menjalar hingga ke tengkuk leher.

Sakit kepala mempunyai banyak variasi, sehingga penanganannyapun tidak bisa diatasi dengan cara yang sama. Untuk itu, jangan sampai keliru dalam mengenali jenis sakit kepala karena hal ini bisa dijadikan cara dalam mengobatinya. Apabila Anda tidak mengetahui dengan jelas sakit kepala seperti apa yang Anda alami, bukannya sembuh bisa saja justru semakin bertambah para.

Berikut ini ada beberapa jenis sakit kepala yang perlu Anda ketahui sekaligus cara mengatasinya.

1. Sakit Kepala Tegang (Tension Headche)
Merupakan jenis sakit kepala yang paling umum dialami oleh kebanyakan orang yang ditAndai dengan rasa nyeri yang terletak di bagian kepala hingga leher. Nyeri yang dirasakan yakni nyeri ringan dengan sensasi seperti diikat di bagian kedua sisi kepala.
Terkadang, rasa nyeri tersebut bisa menjalar sampai belakang leher dan otot bahu. Tak tanggung-tanggung, rasa nyeri yang dihasilkan dapat membuat penglihatan menjadi buram.
Sakit kepala dalam jenis tension headache ini disebabkan adanya ketegangan otot karena stress, kelelahan, salah posisi tidur dan telat makan. Dan untuk penanganannya Anda bisa obat penghilang rasa nyeri dengan dosis yang dianjurkan. Anda juga bisa menerapkan pola hidup sehat, meditasi dan istirahat yang cukup.

2. Sakit kepala cluster
Sakit kepala yang satu ini terasa cukup hebat karena disertai dengan rasa terbakar dan menusuk-menusuk pada daerah sekitar mata dan dapat mencapai puncaknya setelah 1 jam kemudian. Setelah itu rasa sakit tersebut akan menghilang dan akan muncul beberapa hari kemudian.
jenis sakit kepala cluster ini disebabkan karena mengkonsumsi kafein, alcohol maupun merokok. Cara mengatasinya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat dan banyak mengkonsumsi makanan yang sehat.

3. sakit kepala sinus
Untuk sakit kepala sinus ini terjadi dikarenakan adanya rasa nyeri di bagian dahi, tulang pipi, ataupun hidung yang biasanya disertai dengan gerakan kepala yang tiba-tiba.
Daerah di sekitar mata dan hidung akan terlihat berair yang disertai dengan demam dan pembengkakan wajah.

Penyebab dari jenis sakit kepala ini dikarenakan adanya sinusitis yaitu kondisi dimana lapisan membrane selaput lendir menjadi bengkak dan meradang.
Cara mengobatinya yaitu dengan memberikan antibiotic dan semprotan hidung kortikosteroid.

4. Sakit kepala migrain
Migrain adalah kondisi dimana neurologis yang disebabkan adanya gangguan pembuluh darah karena perubahan serotonim. Jenis sakit kepala ini akan merasakan sakit yang begitu hebat yang menyerang kepala pada satu sisi dan menjadi sensitive terhadap cahaya.
Penyebab secara umum dikarenakan stress, perubahan hormone hingga beberapa jenis makanan yang memicu migrain salah satu makanan tersebut yaitu daging karena dapat membuat pembuluh darah menjadi membengkak.
Cara mengatasinya yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan migrain yang dijual di Apotek. Jika sudah parah, Anda bisa meminta resep dokter.

5. Sakit kepala berulang (rebound headache)
Munculnya sakit kepala ini dikarenakan penggunaan obat pereda nyeri yang dikonsumsi secara berlebihan. Sakit yang terasa di bagian kepala ini akan terjadi berulang dan kadang bisa lebih parah saat sakit kepala tersebut diobati.

Penggunaan obat penghilang atau pereda nyeri yang terlalu banyak dapat mengakibatkan lonjakan respon otak sehinga membuat sakit kepala menjadi lebih parah. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak sembarangan dalam mengkonsumsi obat sakit kepala.
Anda juga bisa memberikan jeda penggunaan obat dengan melakukan solusi seperti dengan melakukan istirahat cukup atau minum air putih yang banyak.
Untuk jenis sakit kepala di atas, dalam menyembuhkannya sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi obat-obatan.

Click to comment