7 Hal Yang Harus di Hindari Saat Wajah Berjerawat yang Penting Untuk di Lakukan

advertise here


7 Hal Yang Harus di Hindari Saat Wajah Berjerawat yang Penting Untuk di Lakukan - Jerawat menjadi salah satu permasalahan wajah yang paling banyak dialami oleh sebagian orang baik pria maupun wanita. Meski tidak termasuk gejala kesehatan yang tidak berbahaya, namun keberadaan jerawat dapat menurunkan rasa percaya diri dan yang paling parah atau ekstrim jerawat juga dapat memicu tingkat depresi yang berakhir bunuh diri.

Apabila pada wajah Anda terdapat jerawat, ada baiknya beberapa hal berikut ini harus Anda hindari agar jerawat Anda tidak semakin parah.

1.       Berlebihan dalam membersihkan wajah
Hal yang harus dihindari ketika wajah berjerawat yang pertama yaitu Anda harus memperhatikan peralatan pembersih wajah yang digunakan. Anda tidak perlu menggunakan spons maupun kuas untuk membersihkan wajah Anda. Anda bisa mengoleskan cleanser degan ujung jari saja.
Untuk itu, pilihlah cleanser yang dapat menyeimbangkan PH yang bertujuan untuk mengurangi iritasi.

Gunakan air hangat khusus untuk membersihkan cleanser dari wajah Anda karena jika tidak menggunakan air hangat maka dapat meninggalkan residu yang dapat membuat jerawat semakin parah dan iritasi. Jika sudah, Anda bisa menepuk-nepuk wajah dengan menggunakan handuk bersih.
Tunggu selama 15 menit sebelum menggunakan obat jerawat.

2.       Produk yang mengandung scrub
Hindari menggunakan produk yang mengandung scrub saat muka Anda berjerawat. Scrub tersebut justru dapat menghilangkan lipid pada lapisan kulit terluar sehingga dapat menyebabkan iritasi. Akibatnya, kulit wajah akan sulit mentoleransi obat yang digunakan dan jerawatpun akan semakin parah.

3.       Memencet jerawat dengan paksa
Memencet jerawat memang menjadi hal yang harus dihindari ketika wajah berjerawat. Memencet jerawat sembarangan dapat membuat kuit menjadi lebih teriritasi karena bakteri P. Acnes akan semakin terperangkap di dalam pori-pori.
Bahkan dengan Anda memencet jerawat maka akan memperlama proses penyembuhan jerawat dan meningkatkan resiko terbentuknya luka.

4.       Menggunakan alcohol
Banyak yang mencoba menggunakan isopropyl alcohol untuk membantu menghilangkan jerawat. Banyak yang beranggapan bahwa alcohol bisa membantu dalam menghilangkan atau mengurangi kelebihan minyak di wajah dan juga dapat membasmi bakteri yang menjadi penyebab jerawat.
Memang saat menggunakan alcohol dapat membuat kulit terasa bersih. Namun, senyawa kimia dapat merusak DNA pada sel di sekitaran pori. Dan sel-sel tersebut akan mati sehingga apabila tidak dibersihkan dapat menyumbat pori dan memicu timbulnya jerawat baru.

5.       Menggunakan ponsel kotor
Terdapat penelitian dari Dermatologis Mitchel Kline asal New York menyebutkan bahwa menempelkan sebuah smartphone atau ponsel di bagian pipi bisa mengakibatkan penyumbatan minyak berlebih di dalam pori. Untuk itu, hal yang harus dihindari ketika wajah berjerawat yang satu ini harus dihindari karena dapat menimbulkan jerawat baru.

6.       Melakukan tanning
Menggelapkan kulit dengan menggunakan berjemur dibawah sinar matahari atau tanning bed ternyata dapat memberikan efek negative bagi kulit. Terlebih jika Anda menggunakan obat jerawat seperti tretinoin, tazarotene, atau adapalene karena obat-obat tersebut dapat menipiskan lapisan kulit luar yang nantinya dapat membuat kulit semakin sensitive terhadap sinar Ultaviolet.
Tak hanya itu saja, bahkan dengan melakukan tanning bad dapat meningkatkan resiko terkena melanoma dan kanker kulit lainnya.

7.       Mengkonsumsi makanan yang berindeks glikemik tinggi
Hal yang harus dihindari ketika wajah berjerawat yang terakhir Anda bisa memperhatikan faktor luar yakni dengan menghindari makanan berindeks glikemik tinggi seperti keripik kentang, kacang, cake dan kukis.

Beberapa makanan tersebut ternyata dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dengan cepat sehingga produksi hormone andregon menjadi meningkat. Perubahan hormone inilah yang dapat memicu timbulnya jerawat.

Beberapa hal yang harus dihindari ketika wajah berjerawat di atas harus Anda perhatikan agar jerawat Anda tidak semakin parah.

Click to comment